Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

(Satu KKM) Aplikasi Penilaian K13 Revisi 2017

Warunggunung, 1 Nopember 2017

klik disini untuk download panduan.
Pemerintah melalui kemendikbud telah mengeluarkan Panduan penilaian kurikulum 2013 cetakan yang ketiga (edisi revisi) pada tahun ajaran ini. Panduan ini merupakan penyempurnaan dari cetakan sebelumnya seperti deskripsi nilai (dicetakan pertama) dan interval nilai berdasarkan KKM (dicetakan kedua) serta tambahan teknik penilaian keterampilan yaitu teknik lainnya dan dimasukkan ujian sekolah pada panduan ini (dicetakan ketiga)

Membantu dalam mengolah penilaian kurikulum 2013, saya mencoba membuat sebuah program penilaian di software excel (Aplikasi). Aplikasi ini merupakan terbitan ketiga mengikuti panduan terbaru revisi 2017 cetakan ketiga.  Aplikasi yang saya buat menggunakan model rapor satu KKM, berikut isi aplikasinya :
  1. Aplikasi penilaian K13 untuk guru mata pelajaran
  2. Aplikasi penilaian K13 untuk  wali kelas (Rapor dan Legger)
  3. Panduan penggunaan aplikasi
Untuk download aplikasi penilaian K13 (model rapor satu KKM)
edisi revisi 2017, bisa klik DISINI. (update 15 Des 2017)

Ada hal-hal mendasar yang harus kita pahami mengenai penilaian diantaranya :
  1. Model rapor ada dua pilihan yaitu satu KKM atau multi KKM, yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.  Oleh karena itu setiap guru wajib membuat KKM di awal tahun ajaran baru sesuai panduan, sehingga sekolah bisa memutuskan untuk memilih model rapor yang akan digunakan berdasarkan hasil rapat.  (Panduan membuat KKM ada di blog ini, klik disini)
  2. Menganalisis Kompetensi Dasar (KD) dari KI-3 dan KI-4. Ini akan digunakan untuk deskripsi pada rapor, seperti mencari kata kunci dan kata kerja operasional pada KD. (untuk contoh bisa download disini)
  3. Memahami kriteria kenaikan kelas. Contohnya adalah DIBAWAH KKM atau BELUM TUNTAS. (Seperti untuk model rapor satu, nilai kita harus TUNTAS KKM Mata Pelajaran dan harus minimal KKM Sekolah).
  4. Butir sikap yang akan dinilai pada penilaian sikap harus disepakati bersama di awal tahun ajaran baru.
  5. Format penilaian untuk guru mata pelajaran diusahakan sesuai dengan panduan edisi revisi 2017. (Contoh format penilaian bagi guru mata pelajaran bisa download disini).
  6. Guru mata pelajaran dan wali kelas sebaiknya dilatih oleh wakasek kurikulum untuk mengolah penilaian yang harapannya meminimalisir kesalahan.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. TERIMA KASIH SEKALI SANGAT MEMBANTU SEKALI BAGI SAYA YANG MASIH BARU ,BELUM FAHAM BETUL TENTANG PENILAIAN KURIKUKULUM 2013

    BalasHapus